Sabtu, 18 April 2009

EVALUASI PEMBELAJARAN IPS

Oleh: Pakde Sofa

1.Evaluasi merupakan penilaian program, paroses dan hasil peandidikan.

2.Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu pengukuran.

3.Evaluasi dapat bersifat kualitatif dan juga bersifat kuantitatif.

4.Evaluasi kualitatif hasilnya beruapa peringkatsangat baik, baik, sedang, kurang, sangat kurang

5.Evaluasi kuantitatif berupa angka-angka hasil pengukuran

FUNGSI Evaluasi:

1. Fungsi evaluasi pembelajaran bagi guru adalah mengungkapkan kelemahan proses kegiatan mengajar meliputi bobot materi yang disajikan, metode yang diterapkan, media yang digunakan, dan strategi yang dilaksanakan.-

2. Fungsi evaluasi bagi siswa yaitu

-mengungkapkan penguasaan materi pembelajaran

- Mengungkapkan kemajuan individual maupun kelompok dalam mempelajari IPS

ASAS EVALUASI

Asas komprehensif : evaluasi harus meliputi keseluruhan pribadi siswa yang dievaluasi.(kognitif, afektif, psikomotor)

Asas Kontinuitas: evaluasi wajib dilaksanakan scr berkesinambungan mulai dari pra- saat proses- dan pasca pembelajaran.

Asas Obyektif : Evaluasi seharusnya menilai dan mengukur apa adanya / non subyektif-

Hendaknya guru IPS setiap merancang test sebaiknya sesuai dengan asas-asas di atas

Evaluasi dapat berupa tes dan Non test.

Bentuk test obyektif, test esay, test lisan.

Sedangkan nontest meliputi tugas dan penampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar