Minggu, 24 Mei 2009

Jelang Un, Penguatan Mental Siswa Diperlukan

Rabu, 15 April 2009

SEMARANG, KOMPAS.com - Menjelang dilaksanakannya ujian nasional bagi siswa SMA sederajat, Dinas Pendidikan Kota Semarang mengharapkan pihak sekolah dan orangtua agar memberikan penguatan mental kepada siswa demi menumbuhkan rasa percaya diri. Hal ini dibutuhkan siswa untuk mengerjakan soal ujian dengan optimis.

"Selain latihan penguasaan materi, penguatan mental ini diperlukan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada siswa," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Akhmat Zaenuri, di Kota Semarang, Rabu (15/4).

Untuk itu, Zaenuri mengimbau, kepada orangtua siswa meluangkan waktu untuk memberikan semangat kepada anaknya yang akan bergelut dengan UN. "Hal ini memberikan kontribusi positif bagi siswa agar bisa lulus ujian," kata Zaenuri.

Selain kepada orangtua, Zaenuri mengimbau kepada siswa untuk menjaga ketahanan fisiknya agar tidak sakit pada hari pelaksanaan ujian.

Menurut Zaenuri, penguatan mental dan fisik merupakan hal terakhir yang penting dilakukan setelah siswa melakukan persiapan untuk penguasaan materi. "Untuk persiapan akademik sudah dilakukan sejak Februari lalu, dengan program try-out dari sekolah-sekolah," ucap Zaenuri.

Untuk memotivasi semangat siswa, sekolah juga memiliki berbagai cara. Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Semarang Bambang Nianto Mulyo mengaku, telah mengundang motivator ke sekolahnya untuk menguatkan mental siswa menjelang pelaksanaan UN. "Selain itu, kami juga mengadakan doa bersama agar seluruh siswa mencapai hasil terbaik," katanya.

UN untuk SMA sederajat ini akan diselenggarakan mulai 22 April mendatang. Di Kota Semarang, UN untuk SMA, MA, dan SMA Luar Biasa akan diikuti 13.168 siswa, sedangkan peserta dari SMK mencapai 9.496 siswa.

ILO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar